Syarat-syarat Mutasi PNS di Yogyakarta

Apa sih syarat-syarat Mutasi PNS di Yogyakarta ? Bagi anda yang sudah capek berjalan jauh, puluhan kilometer untuk menuju kantor, ada baiknya anda segera berfikir untuk mutasi ke tempat kerja yang lebih dekat. Gampang-gampang susah sih, gampangnya karena sekarang ada otonomi daerah jadi mutasi tak perlu ke Jakarta. Susahnya kalau kalau 2 kunci utama yaitu pimpinan unit kerja kita dan pimpinan unit kerja yang akan dituju tidak menandatangani surat kita. Repot sekali itu, berarti mesti pintar-pintar merayu atasan kita tersebut.

Kadang aneh sih, udah jelas-jelas kelebihan tenaga kerja, tapi kadang memang karena disayang atasan jadi mo pindah aja mesti dipersulit, betul gak ? Nah buat teman-teman yang udah kebelet mo pindah ini ada beberapa syarat-syarat Mutasi PNS di Yogyakarta khsususnya Guru :

1. Surat Permohonan ditujukan Bupati melalui Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten cq Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Surat ini dibuat sendiri, jangan lupa ditanda tangani. Kasih alasan yang logis, misalnya meningkatkan prestasi kerja, sekolah yang ditinggal kelebihan guru, mencari tempat kerja yang lebih dekat dengan rumah agar kerja lebih optimal, Terserah deh yang penting logis

2. Fotocopy DP3 tahun terakhir
DP3 tahun terakhir tinggal dicopy aja, jangan lupa dilegalisir kepala sekolah

3. Fotocopy SK PNS, biasa dicopy terus di legalisir

4. Fotocopy SK Kenaikan pangkat Terakhir, dilegalisir

5. Fotocopy Penilaian Angka Kredit (PAK)  terakhir. dilegalisir


6. Surat Keterangan Lolos Butuh dari instansi yang ditinggalkan, contoh silakan download


7. Surat Persetujuan / Rekomendasi dari instansi/sekolah yang dituju, contoh silakan download


Cuma itu syaratnya, kalau kurang puas ya tinggal ditambah Daftar Riwayat Hidup, Daftar Riwayat Pekerjaan dll. Dibuat rangkap 2 terus di ajukan lewat Dinas Terkait. Kalau disetujui berarti tinggal nunggu SK baru. Anda tetap masuk kerja di instansi lama sampai SK baru terbit. Mudah-mudahan bermanfaat.

41 comments:

El-Minnie said...

ada contoh Surat Persetujuan / Rekomendasi dari instansi/sekolah yang dituju gak??? minta dong... kirim ke sururie1985@gmail.com

Admin said...

Ada mas, sebentar aku kirimkan ke emailmu

sapoetra loves sastra said...

salam hormat
gini mas sy ini pns dinas pendidikan d salah satu kabupaten d sumatera selatan
rencananya mau ngajuin permohonan pindah tugas ke yogja
kira kira prosedurnya gampang gk atau kah perlu seseorang perantara yg bantuin ngurusinya
terima kasih

Admin said...

Yang penting dinas yang ditinggal menyetujui dan dinas/unit kerja yang dituju ada yang mau menerima, setelah itu menghubungi masing2 Dinas untuk memproses usulan mutasi. Kalau Pegawai Pemda biasanya di BKD, tapi kalau pegawai Pusat berarti harus cari informasi ke BKN di Jakarta

sapoetra loves sastra said...

oh gtu ya
trima kasih mas

sapoetra loves sastra said...

mas sy dpt info berikut ini kira2 bener gk bgtu prosedurnya
PROSEDUR MUTASI PNS MASUK PEMERINTAH PROVINSI DIY
Prosedur mutasi PNS masuk ke lingkungan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta adalah sebagai berikut :
1. PNS yang bersangkutan mengajukan permohonan mutasi secara pribadi (dilampiri berkas kepegawaian) kepada Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi DIY.i
Lampiran berkas Kepegawaian:
9 Surat Permohonan Mutasi (dilengkapi alamat kantor/rumah lengkap dengan
nomor HP/telepon) 9 Foto Copy SK CPNS 9 Foto Copy SK PNS 9 Foto Copy SK Kenaikan Pangkat/Jabatan terakhir 9 Foto Copy Ijazah dan Transkrip Nilai Pendidikan terakhir 9 Foto Copy DP-3 selama dua tahun terakhir 9 Foto Copy Kartu Pegawai 9 Daftar Riwayat Hidup
2. Tim Badan Pertimbangan Pangkat dan Jabatan (Baperjakat) Provinsi DIY akan melakukan telaah dan pencermatan mengenai data Kepegawaian PNS yang akan mutasi tersebut melalui Fit and Propertest.
3. Jawaban mutasi masuk akan dilakukan secara resmi melalui surat tertulis.
4. Jika diterima, PNS yang bersangkutan wajib mengajukan permohonan pindah mutasi secara resmi yaitu melalui instansi asal. Apabila PNS berasal dari dalam Provinsi DIY melalui Bupati/Walikota. Sedangkan yang berasal di luar Provinsi DIY melalui Gubernur asal PNS.
5. Surat pernyataan persetujuan dari Gubernur asal PNS akan ditindaklanjuti oleh Badan Kepegawaian Daerah Provinsi DIY untuk dimintakan permohonan penetapan mutasi ke Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara Yogyakarta.
6. Setelah terbit SK Kepala Badan Kepegawaian Negara tentang perubahan status kepegawaian, kemudian dikirim kembali ke Badan Kepegawaian Daerah Provinsi DIY untuk diproses Surat Keputusan alih jabatan dan tempat bekerja di intansi di lingkungan Pemerintah Provinsi DIY.
7. Surat Keputusan alih jabatan dan tempat bekerja tersebut ditembuskan ke Gubernur/Bupati/Walikota dan Dinas PNS asal untuk dimohonkan SKPP (Surat Keterangan Pemberhentian Pembayaran).
8. PNS yang bersangkutan melaksanakan tugasnya terhitung mulai tanggal sebagaimana tertera di Surat Keputusan alih jabatan dan tempat bekerja di intansi lingkungan Pemerintah Provinsi DIY.

Admin said...

Coba dicek lagi mas sumbernya itu tahun berapa ? Mungkin juga ada ada perbedaan aturan antara pns pemda, pemprov atau pns pusat. Mending kalau udah jelas tujuannya Jogja langsung main aja ke Kantor Gubernur atau Kantor Dikpora DIY nanti ketemu Pak Baskoro Aji (Kepala Dikpora. Biasanya sih teman2 yang dari luar daerah juga lewat Gubernur. Buruan aja mas, rumornya guru mau ditarik ke pusat lagi sehingga nanti mutasi ngurusnya juga sampai BKN jakarta

sapoetra loves sastra said...

terima kasih infonya

Robby is Biology said...

Pak, saya juga minta tolong dikirimi contoh berkas2 permohonan mutasinya ya. email saya: rkadarsholihat@gmail.com

Admin said...

oke, udah dikirim

Faizal AW said...

Pak..Boleh ikutan Minta tlg dikirim contoh berkas Permohonan Mutasinya ya!...ke email saya : r124l_hef@yahoo.com...Thx.

Faizal AW said...

Pak..Boleh ikutan Minta tlg dikirim contoh berkas Permohonan Mutasinya ya!...ke email saya : r124l_hef@yahoo.com...Thx.

ariek said...

pak....boleh minta tolong dikirimkan berkas permohonan mutasinya ke alamat email spriaperdana@gmail.com saya sangat butuh sekali.terima kasih banyak atas informasinya

Bajuku Imut said...

Saya bisa minta contoh Surat Rekomendasi dari Instansi yang Dituju ?
Tolong di email ke bastian.nhs@gmail.com .
Terima kasih banyak.

Bajuku Imut said...

Pak, boleh minta tolong dikirimkan contoh Surat Rekomendasi dari Instansi yang Dituju ke alamat email bastian.nhs@gmail.com.
Terima kasih banyak atas bantuannya.

imam m said...

Mas Minta tlg dikirim contoh berkas Permohonan Mutasinya ke unexia@ymail.com. sebelumnya saya ucapkan terima kasih

imam m said...

Mas Minta tlg dikirim contoh berkas Permohonan Mutasinya ke unexia@ymail.com. sebelumnya saya ucapkan terima kasih

imam m said...

Mas Minta tlg dikirim contoh berkas Permohonan Mutasinya ke unexia@ymail.com. sebelumnya saya ucapkan terima kasih

ahmad said...

Pak, saya juga minta tolong dikirimi contoh berkas2 permohonan mutasinya ya.. email saya: amj_akuntan@yahoo.com
terima kasih..

tantrisaputro said...

Pak, Tolong saya dikirimi juga berkas2 yg diperlukan untuk mengajukan Mutasi ke Provinsi DIY.
email: tantrisaputro@yahoo.com

Terima kasih..

tantrisaputro said...

Pak, Tolong saya dikirimi juga Berkas2 untuk mengajukan Mutasi ke Provinsi DIY.
email: tantrisaputro@gmail.com

Terima Kasih..

info said...

Pak, boleh minta tolong dikirimkan contoh Surat Rekomendasi dari Instansi yang Dituju ke alamat email muthia_29@yahoo.com
Terima kasih banyak atas bantuannya.

Andi Gagah said...

salam pak
pak minta tolong dikirimkan contoh Surat Rekomendasi dari Instansi yang Dituju dan contoh surat permohonan pindah dan contoh surat rekomendasi siap melepas dari daerah asal. mohon dikirim ke alamat email ariefbali21@yahoo.com

Parji said...

Mas minta tolong saya dikirimi contoh Surat Permohonan Pindah dari sekolah asal dan Surat Rekomendasi dari sekolah yang dituju melalui email saya parji65@gmail.com. Matur nuwun.

icha's S!tE said...

tolong dikirimin juga dong contoh pembuatan Surat Permohonan lolos butuh ke alamat email saya isaisyahpurnamasari@gmail.com please

Albertus Hadi T said...

Mas, saya guru dari Bengkulu, ijasah S1 pendidikan teknik mesin tetapi mengajar fisika dan sertifikasinya juga fisika. Mohon infonya untuk mutasi di Jogya, meliputi kebutuhan dan bagaimana dengan proses pemindahan tunjangan sertifikasi.Mohon juga mas bisa mengirim contoh berkas usulan pindah dan contoh-contoh surat yang lain yang sekiranya dibutuhkan untuk proses mutasi. Trimakasih mas. Email saya: haditri35@yahooo.co.id

gara said...

Pak, Tolong saya dikirimi juga contoh Berkas2 untuk mengajukan Mutasi.
email: garanevada61@gmail.com

Terima Kasih..

Nyoman Hadianto said...

Pak, saya juga mohon bantuan bapak dikirim contoh berkas2 permohonan mutasinya ya.. email saya: new_manhd@yahoo.com.com
terima kasih... Wassalam

Yz said...

bs..cnth surat persetuan pindah/mutasi(rekomendasi dari kepala sekolahx mas) kalau blh tolong krm k email ahmadghin@gmail.com

Admin said...

semua berkas sudah dikirim,

eman syahputra said...

tolong mas kirim kan cnjh surat persetujuan pindah/rekomendasi dari kepala sekolah yg di tuju. email aku eman.syahputra78@yahoo.com terima kasih.

muhdi saleh said...

ass..pak, sy mnta d krimkn contoh surat persetujuan mutasi dari sekolah yang d tinggalkn..email aku : muhdi.saleh@gmail.com terima kasih.

naylah said...

Assalamualaikum..
gini mas sy ini pns dinas Kesehatan di salah satu kabupaten di Prop.NTT
rencananya mau ngajuin permohonan pindah tugas ke instansi yg sama di Kab. lain di NTT juga. minta tlng mas kirimkn contoh surat permohonan pindah ke instansi yg sama pada Pemkab yg baru.
terima kasih

rini agus said...

Assalammualaikum
Mas, untuk mutasi lintas instansi misal dr lembaga pusat ke pemda yogyakarta bagaimana y prosedurnya? Untuk mengetahui info lolos butuh apakah dapat langsung k BKD Yogya, ke bagian/unit apa y?. Trmksh

rini agus said...

Assalamualaikum,
Mas, untuk mutasi dari lembaga pusat k pemda yogya bagaimana y prosedurnya? Untuk info lolos butuh dari pemda yogya apakah dapat datang langsung k BKD Yogya, d bagian/unit apa y, mohon info. Trmksh.

Anonymous said...

Bagi rekan PNS guru Bahasa Inggris yang berminat dan berkenan menggantikan posisi kami mengajar di salah satu SMA Negeri di wilayah Belitung Selatan mohon menghubungi email kami di nisfiku@hotmail.com. Terima kasih.

Anonymous said...

Pak, Tolong saya dikirimi juga berkas2 yg diperlukan untuk mengajukan Mutasi ke Provinsi DIY.
email: arelitimothy@gmail.com

affanfadil said...

pak, kok di download tidak bisa....

Pak, tolong kirimi kami surat persetujuan/rekomendasi dari sekolah yang di tuju & sekolah asal.

atau surat yang berhubungan tentang kepindahan saya ke Uptd Kecamatan lain di dalam Kabupaten.
Email saya : affan.fadil@gmail.com

sebelumnya saya ucapkan terima kasih semoga Allah yg membalas kebaikan anda.

Mulyadi said...

Pak, Tolong saya dikirimi juga berkas2 yg diperlukan untuk mengajukan Mutasi ke Provinsi DIY.
Email : simoel_yadi@yahoo.co.id

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Mulyadi said...

Pak, Tolong saya dikirimi juga berkas2 yg diperlukan untuk mengajukan Mutasi ke Provinsi DIY.

Email : simoel_yadi@yahoo.co.id

Admin said...

Tinggal download to ... udah ada semua di sini

Post a Comment

berlangganan

Masukkan Email Anda Di Sini:

Delivered by FeedBurner